Meniru

July 12, 2011 § Leave a comment

Karen Hamilton sudah dapat memajang replika gaun pengantin Catherine Middleton di  toko gaun pengantin miliknya Stella Liliana di Studley, Warwickshie pada Jumat sore, atau hanya empat jam setelah masyarakat dapat menyaksikan gaun pengantin rancangan Sarah Burton dari rumah mode Alexander McQueen itu.

Karen Hamilton bukan satu-satunya orang yang mengerahkan segenap daya upaya untuk membuat tirun gaun pengantin gadis yang kemudian bergelar Duchess of Cambridge itu. Usaha yang sama juga dilakukan oleh banyak perusahaan di berbagai penjuru dunia lainnya. Bahkan dilaporkan bahwa sekitar 700 perusahaan di China telah membuat tiruan gaun pengantin itu yang dijual dengan harga hanya Rp 1 juta – Rp 1,2 juta.

Tiru meniru dalam dunia adibusana memang bukan hal baru, termasuk di tanah air. Beberapa waktu lampau, saat menyampaikan pelatihan manajemen untuk pengusaha kecil yang sebagian di antara pesertanya adalah para pedagang baju Pasar Tanah Abang saya memperoleh cerita tentang bagaimana praktik itu berlangsung.

Seorang peserta menuturkan bahwa begitu perancang adibusana terkenal semisal Ida Royani mengeluarkan model baju baru dan menjualnya di butik dan toko kelas atas seperti Pasaraya, mereka segera memastikan detil dan kemudian memproduksinya, sehingga dalam hitungan hari baju dengan model yang sama persis sudah dapat dibeli di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut dengan harga yang tentu saja jauh lebih murah daripada versi originalnya.

Dalam dunia bisnis seringkali kita tidak cukup memiliki kendali untuk melindungi hasil karya kita dari peniruan. Kakak saya yang terjun dalam bisnis batik sering mengeluh ketika corak dan motif batik unik yang belum lama diciptakannya dengan cepat ditiru oleh perusahaan-perusahaan batik lain dan membanjiri pasar.

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Meniru at Ali Mutasowifin.

meta

%d bloggers like this: